Vaccine Storage Profile in Public Health Centers in Kupang City

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31965/infokes.Vol16.Iss1.181

Kata Kunci:

Penyimpanan, Puskesmas Oepoi, Puskesmas Kupang Kota

Abstrak

Vaksin merupakan komponen utama dalam pelaksanaan imunisasi, untuk mencapai tujuan imunisasi secara maksimal, maka perlu ditunjang dengan pengelolaan dan ketersediaan vaksin dalam jumlah cukup, berkualitas serta tepat waktu. Semua vaksin merupakan produk biologis yang sangat rentang dana mudah rusak sehingga memerlukan penanganan khusus dalam pengelolaannya khususnya penyimpanan. Penyimpanan vaksin di unit-unit pelayanan kesehatan seperti puskesmas harus diperhatikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penyimpanan vaksin di Puskesmas Oepoi dan Puskesmas Kupang Kota, yang dinilai dari 2 kategori penilaian yaitu kategori kelengkapan sarana termasuk ketersediaan pemantauan suhu penyimpanan dan kategori kondisi vaksin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung serta menggunakan lembar observasi, kemudian data diolah dan selanjutnya dinarasikan. Dari hasilpenelitian ini diperoleh bahwa kelengkapan sarana termasukketersediaan pemantau suhu penyimpanan dan kondisi vaksin di Puskesmas Oepoi dan Puskesmas Kupang Kota ada atau tersedia kecuali pada Puskesmas Oepoi tidak ada freeze tag atau freeze watch dan tidak ada generator. Dan kondisi vaksin pada Puskesmas Kupang Kota dan Puskesmas Oepoi semuanya tersedia atau ada. Jadi secara keseluruhan profil penyimpanan vaksin pada Puskesmas Oepoi dan Puskesmas Kupang Kota tersedia dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim, 2005. Pedoman Teknis Pengelolaan Vaksin dan Rantai vaksin. Depkes RI: Jakarta.

Anonim, 2011. Pedoman Imunisasi di Indonesia Edisi Keempat. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI): Jakarta

Anonim, 2013. Penyelengaar Imunisasi. PERMENKES RI: Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 1992. Petunjuk Pelaksanaan Program Imunisasi.

Departemen Kesehatan RI. 1999. Evaluasi Potensi Vaksin dan Pengelolaan Rantai Dingin Program Imunisasi tahun 1997/1998 dan tahun 1998/1999.

Departemen Kesehatan RI. 2005. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1611/Menkes/sk/Xl/2005 tentang Pedoman Penyelengaraan Imunisasi. Ditjeen PP dan PL Depkes RI: Jakarta.

Kristiani T. D. 2008. Faktor-faktor Risiko Kualitas Pengelolaan Vaksin Program Imunisasi yang Buruk di Unit Pelayanan Swasta, http://dogilib.undip.ac.id/ebooks/gdl.php. (3 November 2015)

Tatengkeng, A., & Pello, F. (2012). Malaria, KIA dan Imunisasi Terpadu. Kupang: Anggota IKAPI

Diterbitkan

2018-05-31

Cara Mengutip

Sambara, J., Yuliani, N. N., Lenggu, M., & Ceme, Y. (2018). Vaccine Storage Profile in Public Health Centers in Kupang City. JURNAL INFO KESEHATAN, 16(1), 143–163. https://doi.org/10.31965/infokes.Vol16.Iss1.181

Terbitan

Bagian

Original Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 22 23 24 25 26 27 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.