Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Di Kota Kupang Tahun 2015

Penulis

Kata Kunci:

Pasien, Pelayanan, Tingkat kepuasan

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan suatu target yang sering diterapkan dengan cara membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang di terima dengan harapannya. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya pasien akan merasakecewa atau tidak puas apabila layanan kesehatan yang di perolehnya itu tidak sesuai dengan harapannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (Reability), ketanggapan (Responsiveness), keyakinan (Assurance), penampilan (Tangible) , dan Empati (Emphaty). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel secara purposive sampling dengan criteria dapat membaca dan menulis serta dapat berkomunikasi dengan baik, dengan karakteristik umur minmal 17 tahun keatas dan sudah berkunjung paling kurang dua kali berkunjung ke Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak D Kota Kupang.Hasil dari lima (5) dimensi indikator tersebut yang menyatakan tentang kepuasan pasien pada sebuah rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh pasien kemudian dihitung persentase tingkap kepuasan pasien terhadap indikator yang diteliti. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 88,22%, indikator ketanggapan sebesar 88,33%, indikator keyakinan sebesar 86,39%, indikator penampilan sebesar 87,63%, dan indikator empati sebesar 88,45%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

--------, 2009. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI

--------,2009. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 51Tahun2009. Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta: Depkes RI.

--------, 2014. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014.Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI

Anonim. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008Tentang Standar Pelayanan Minumum Di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI

Bungin, B. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana: Jakarta

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi: Millennium 1. Jakarta

Rumah Sakit, (http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_sakit) (20 Februari, 2015)

Sabon, K. 2011. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Tentara Wirasakti Kupang.Karya Tulis Ilmiah

Siregar, C. 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Penerbit Buku Kedokteran CGC: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2017-12-28

Cara Mengutip

Yuliani, N. N., Sambara, J., & Isman, H. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Di Kota Kupang Tahun 2015. JURNAL INFO KESEHATAN, 15(2), 482–494. Diambil dari https://jurnal.poltekeskupang.ac.id/infokes/article/view/162

Terbitan

Bagian

Original Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.