Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Di Kota Kupang Tahun 2015
Kata Kunci:
Pasien, Pelayanan, Tingkat kepuasanAbstrak
Kepuasan pasien merupakan suatu target yang sering diterapkan dengan cara membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang di terima dengan harapannya. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya pasien akan merasakecewa atau tidak puas apabila layanan kesehatan yang di perolehnya itu tidak sesuai dengan harapannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (Reability), ketanggapan (Responsiveness), keyakinan (Assurance), penampilan (Tangible) , dan Empati (Emphaty). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel secara purposive sampling dengan criteria dapat membaca dan menulis serta dapat berkomunikasi dengan baik, dengan karakteristik umur minmal 17 tahun keatas dan sudah berkunjung paling kurang dua kali berkunjung ke Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak D Kota Kupang.Hasil dari lima (5) dimensi indikator tersebut yang menyatakan tentang kepuasan pasien pada sebuah rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh pasien kemudian dihitung persentase tingkap kepuasan pasien terhadap indikator yang diteliti. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 88,22%, indikator ketanggapan sebesar 88,33%, indikator keyakinan sebesar 86,39%, indikator penampilan sebesar 87,63%, dan indikator empati sebesar 88,45%.
Unduhan
Referensi
--------,2009. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 51Tahun2009. Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta: Depkes RI.
--------, 2014. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014.Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI
Anonim. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008Tentang Standar Pelayanan Minumum Di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI
Bungin, B. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana: Jakarta
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi: Millennium 1. Jakarta
Rumah Sakit, (http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_sakit) (20 Februari, 2015)
Sabon, K. 2011. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Tentara Wirasakti Kupang.Karya Tulis Ilmiah
Siregar, C. 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Penerbit Buku Kedokteran CGC: Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright notice
Ownership of copyright
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by JURNAL INFO KESEHATAN and its licensors.
Copyright license
JURNAL INFO KESEHATAN grants to you a worldwide non-exclusive royalty-free revocable license to:
- view this website and the material on this website on a computer or mobile device via a web browser;
- copy and store this website and the material on this website in your web browser cache memory; and
- print pages from this website for your use.
- All articles published by JURNAL INFO KESEHATAN are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
JURNAL INFO KESEHATAN does not grant you any other rights in relation to this website or the material on this website. In other words, all other rights are reserved.
For the avoidance of doubt, you must not adapt, edit, change, transform, publish, republish, distribute, redistribute, broadcast, rebroadcast or show or play in public this website or the material on this website (in any form or media) without appropriately and conspicuously citing the original work and source or JURNAL INFO KESEHATAN prior written permission.
Permissions
You may request permission to use the copyright materials on this website by writing to jurnalinfokesehatan@gmail.com.
Enforcement of copyright
JURNAL INFO KESEHATAN takes the protection of its copyright very seriously.
If JURNAL INFO KESEHATAN discovers that you have used its copyright materials in contravention of the license above, JURNAL INFO KESEHATAN may bring legal proceedings against you seeking monetary damages and an injunction to stop you using those materials. You could also be ordered to pay legal costs.
If you become aware of any use of JURNAL INFO KESEHATAN copyright materials that contravenes or may contravene the license above, please report this by email to jurnalinfokesehatan@gmail.com
Infringing material
If you become aware of any material on the website that you believe infringes your or any other person's copyright, please report this by email to jurnalinfokesehatan@gmail.com.