Hubungan Antara Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Kori Limbong Keperawatan Kupang Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Sri Afriani Jurusan Keperawatan - Poltekkes Kemenkes Kupang

Keywords:

Waktu Tunggu, Kepuasan, Pasien, Covid-19

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari rumah sakit dan ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah berdampak pada jumlah kunjungan di rumah sakit, sedangkan sikap petugas kesehatan terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien, dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien pada masa pandemic covid-19 di poli penyakit dalam RSUD Ende. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Sampel : Teknik sampling yang digunakan non probability sampling - accidental sampling. Hasil : Jumlah rata-rata waktu tunggu secara keseluruhan adalah sebanyak 64 menit. Selanjutnya pada rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan sebanyak 104 dengan kategori puas. Dilihat dari rata-rata berdasarkan lima dimensi kepuasan, dimensi yang menempati tingkat kepuasan tertinggi adalah daya tanggap. Selanjutnya pada hasil uji statistik menunjukkan p value 0,000 < Alpha 0,05 maka dengan demikian adanya korelasi atau hubungan antara waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien di Poli Penyakit Dalam RSUD Ende. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien.

References

AlSubaie , H. A., AlNaim , M., & AlSubaie, S. (2021). Literature Review: Waiting Time and Patient Satisfaction Relationship. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 161-164.

Seran, Alexander dan Hidayat, Lidia Laksana. (2017). Pedoman Etika Penelitian Unika Atma Jaya. Jakarta: LPPM Unika Atmajaya Jakarta

Al Harajin, Rasmah S, dkk (2019). The association between waiting time and patient satisfaction in outpatient clinics: Findings from a tertiary care hospital in Saudi Arabia. 2019 Journal of Family and Community Medicine | Published by Wolters Kluwer - Medknow, 2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30697100/

Anggraini Sulistyo Dkk. (2019). Accreditation Status and Other Factors Affecting Patient Satisfaction in Hospital. e-ISSN: 2549-0281 Journal of Health Policy and Management, 2-8.

Arikunto, Suharsimi. (2010). PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK. Jakarta: Rineka Cipta.

Sandu Siyoto, S. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Esti P, A., Puspitasari, Y., & Rusmawati, A. (2012). PENGARUH WAKTU TUNGGU DAN WAKTU SENTUH PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN POLI UMUM. STIKes Surya Mitra Husada, 2.

Fajrin , K., Haeruddin, & Ahri , R. A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar . Window of Public Health Journal, 827–835.

Fatrida Dkk. (2019). Hubungan waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Jurnal Aisyiyah Medika, 3.

Irawati. (2020). Hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diit rendah garam pada penderita hipertensi di Puskesmas Ulaweg. jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosa , 2302 - 2531.

Jaya, T. K. (2017). Pedoman Etika Penelitian Unika Atma Jaya. Jakarta: Penerbit Kanisius.

Kautsar Dkk. (2017). Effect of Prescription Waiting Time on Patient Satisfaction Mediated by service quality of pharmacy unit in public hospital in Bandung city. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 1-4.

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2.

Lestari, M. W., Yulianthini, N., & Suwendra, I. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Masrulloh, d. (2020). Analysis of the Dimension of the Quality of Service with Online Registration System Again to Increase Patient Satisfaction in Outpatient Room of Jombang General Hospital. Journal for Quality in Public Health, 2-3.

MS, Z., & Or, C. (2017). Associations Between Waiting Times, Service Times, and Patient Satisfaction in an Endocrinology Outpatient Department: A Time Study and Questionnaire Survey. INQUIRY: The Journal of Health Care, Organization, Provision, and Financing, 2.

Mustofa, M., & Dkk. (2018). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Service Quality Di PT Pos Indonesia Sidoarjo. Indo Journal, 14-18.

Nesimnasi Dkk. (2019). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Lontar: Journal of Community Health, 1-2.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta : Salemba Medika.

Nursanti, F. J., Hariyanti, T., & Harjayanti, N. D. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rumah Sakit Umum X. Jurnal Ners dan Kebidanan, 4.

Permata Betten Dkk. (2019). Gambaran Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Atambua Selatan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sahabat Keperawatan, 1-6.

Profil, Kesehatan Kota Kupang. (2018). Profil Kesehatan Kota Kupang Tahun 2018. Kupang: Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Putri, R. S., Klawdina, V., & Farhansyah, F. (2021). Relationship Between Waiting Time On Patient Satisfaction At Baloi Permai Batam Puskesmas Year 2021. PROCEEDING 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON MEDICAL RECORD (ICMR) 2021, 73-80.

Raihan, P. D. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Samsudin , A., & Kurniawati , T. (2022). The Relationship between Waiting Time and Patient Satisfaction in Responsiveness and Accuracy at the Emergency Room of Pekajangan. Proceeding of The 15th University Research Colloquium 2022: Mahasiswa (Student Paper Presentation) A .

Surahman Dkk. (2016). METODOLOGI PENELITIAN. Jakarta Selatan.

Suratri, L., & Suryanti, T. (2018). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Di 7 Provinsi Di Indnesia . Article of Indonesia, 244-245.

Xie, Z., MS, & Or, C. (2017). Associations Between Waiting Times, Service Times, and Patient Satisfaction in an Endocrinology Outpatient Department : A Time Study and Questionnaire Survey. The Journal of Health Care, Organization, Provision, and Financing, 1-2.

Yulianti, M. S., & Yanti, N. W. (2022). Faktor Penyebab Waktu Tunggu Pelayanan Rekam Medik di Pendaftaran Rawat Jalan pada Masa Pandemi Covid-19 di RSUD Patuh Kabupaten Lobar tahun 2022. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19-23.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Limbong, K., & Afriani, S. (2023). Hubungan Antara Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien . Flobamora Nursing Journal, 3(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.poltekeskupang.ac.id/index.php/fnj/article/view/1432
Abstract viewed = 23 times