Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Kelengkapan Status Imunisasi Dasar Bayi Selama Pandemi Covid -19 di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang

Authors

  • Yulianti Kristiani Banhae Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Yohanes Mau Abanit Program Studi Farmasi - Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Domianus Namuwali Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Maria Sambriong Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Marnesty Buyfena Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang

Keywords:

Pengetahuan, Imunisasi Dasar, Pandemi Covid-19

Abstract

Latar Belakang. Rendahnya cakupan imunisasi pada bayi disebabkan karena pandemic Covid-19. Berubahnya jadwal dan prosedur pelayanan imunisasi dasar di Posyandu dan Puskesmas maupun di fasilitas kesehatan baik pemerintah maupun swasta disebabkan karena peningkatan kasus Covid-19. Orang tua tidak mengantar anaknya ke posyandu atau puskesmas untuk diimunisasi karena mereka resah dan takut akan penularan Covid-19. Riset ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pengetahuan ibu dengan kelengkapan status imunisasi dasar bayi selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Metode. Metode riset adalah kuantitatif dengan desaincross sectional. Populasi dalam riset ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi usia 0 sampai usia kurang dari 12 bulan yang melakukan imunisasi dasar yang tinggal di Wilayah Kerja di Puskesmas Sikumana. Sampel dalam riset ini adalah ibu yang mengantar bayi usia 0-kurang dari 12 bulan untuk mendapatkan pelayanan imunisasi dasar di Puskesmas Sikumana dengan besar sampel 60 responden. Instrument pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner dan buku KIA. Hasil. Data riset di analisis dengan uji chi-square. Hasil uji person chi-square menunjukkan bahwa p value = 0,068 > α 0,05 yang artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan kelengkapan status imunisasi dasar bayi selama pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Kesimpulan. Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan kelengkapan status imunisasi dasar bayi selama pandemi Covid-19 Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Saran.  diharapakan agar ibu tetap mengantar anaknya untuk mendapatkan pelayanan imunisasi dasar sesuai jadwal yang sudah ditentukan di masa pandemic Covid-19.

References

Achmad Munib (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan.Semarang:UNNES Press.

Anggraini ( 2020 ). Efektifitas Pengetahuan Orang Tua Bayi Terhadap Imunisasi Dasar Dan Booster Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Posyandu Wilayah Puskesmas Colomadu. Karanganyar. Karya Tulis lmiah. STIKes Mitra HusadaKaranganyar

AsrianzahDelan. (2011).Hubungan antaraTingkat Pengetahuan Ibu, Tingkat Sosial Ekomoni dengan Status Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi.Karya Tulis Ilmiah. Program pendidikan sarjana Kedokteran. Universitas Diponegoro Semarang. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://eprints.undip.ac.id/32936/1/Delan.pdf

Depertemen Kesehatan RI. (2020). Buletin Surveilans PD3I &Imunisasi.Edisi 2.Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Depertemen Kesehatan RI. (2015). Buku Ajar Imunisasi. Jakarta : Depkes RI, Hal.7-27

DiharjaUriant, Nicke(2020). Pengaruh Pandemic Covid 19 Terhadap Kenjungan Imunisasi Di Posyandu Desa Tanjungwangi Kecematan Cijambe Tahun 2020. Skripsi.Universitas Nasional Prodi DIV Kebidanan Jakarta.

DonsuJenita. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta. Putaka Baru Press

Fajrin (2020).Geliat Dunia Kesehatan Dimasa Pandemic COVID-19.Yogyakarta: Adab

Fida& Maya. 2012. PengantarIlmu Kesehatan Anak. Yogyakarta: D Medika

FitrianaFitriana, PartijahSuci, Pramardika D. Dhito. (2018). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi Usia 9-12 Bulan di Klinik Aminah Amin. Journal Bunda Edu-Kebidanan (BEMJ). Vol. 3 No.1

Hidayat Aziz. (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak .Jakarta.Selemba Medika

Hunlock.(2007).Perekembangan anak.Jakarta.Elangga

Kementrian Kesehatan RI&Unicef.(2020). Imunisasi Rutin Anak Selama PandemiCOVID-19 Di Indonesia: Persepsi Orang Tua Dan Pengasuh. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI.(2020). Petunjuk Teknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pandemi COVID-19. 2020.

Kementrian KesehatanRI &UNICEF. (2020). Imunisasi Rutin Anak Selama Pandemic COVID-19 Di Indonesia : Persepsi Orang Tua Dan Pengasuh.

Kementrin Kesehatan RI. (2020). Pedoman Dan Pencegahan Covid-19. Jakarta

Notoatmodjo, S., 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rikena Cipta

Nurdayati.(2016). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Kelengkapan Imunisasi Dasare Di Wilaya Kerja Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2016. Tesis. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 1437H/2016M.

NurhasanahIfa.(2020). Pelayanan Imunisasi Di Masa Pandemic Covid-19: Literatur review.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba, Medika.Hal.169

Pandarangga A. Yuliana. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Imunisasi Dasar Bayi 9-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota KupangTahun 2019.Tesis. Program Studi Ners Sekolah Tinggi Kesehatan Citra Husana Mandiri Kupang.

Paridawati, Ranchman WA, dan Fajarwati I,(2012). Faktor Yang Berhungan Dengan Tindakan Ibu Dalam Pemeberian Imunissi Dasar Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bajeng Kecematan Gowa. FKM Universitas Hasanuddin Makassar.http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9022/

Patriawati A. Keswari. ( 2020).Imunisasi Bayi Dan Anak Pada Masa Pandemi COVID-19. Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia

Peraturan Kementian KesehatanRI (2017 ). Penyelengarahan Imunisasi. Jakarta.

Profil Kesehatan Indonesia.(2018).Error! Hyperlink reference not valid..

Puskesmas Sikumana.(2021). Data Cakupan Imunisasi Dasar Pada Bayi Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Kota kupang.

Razak Agustiawan Abdul Faizal, ArmaijnLiasari, Permana Dini Rahmawati. (2020). Gamabaran Penegtahuaan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Lengkap Di Wilayah Kerja Puskesmas Gambesi Kota Ternate.Kieraha Medical Jurnal. Volume 2. No.2, e-ISSN:268-591.

Renstra Dinas Kesehatan Propinsi NTT. (2018). Rencana Strategi Dinas Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019-2023.

Sari Dewi Nur Intan, Basuki Sri Wahyu, TriastutiN. Juni. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Imunisasi Dasar dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan.JurnalBiomedika. Volume 8 No. .

Tandra Hans, (2020). Virus Corona Baru COVID-19.Yogyakarta : Rapha Publishingtami, S Humaira.(2020). Pandemi Covid-19 Pengaruh Imunisasi Anak. Survey Save The Children.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Banhae, Y. K., Abanit, Y. M., Namuwali, D., Sambriong, M., & Buyfena, M. . (2022). Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Kelengkapan Status Imunisasi Dasar Bayi Selama Pandemi Covid -19 di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Flobamora Nursing Journal, 1(2), 47–58. Retrieved from https://jurnal.poltekeskupang.ac.id/fnj/article/view/844

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.