Sistem Penyimpanan Obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) di Puskesmas Alak Kota Kupang

Main Article Content

Elisma
Dominus MBunga

Abstract

UPTD Puskesmas Alak terletak di Jln. Sangkar Mas No.1A  Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang-NTT, merupakan salah satu puskesmas yang ada di kota Kupang, dengan wilayah kerja mencakup 6 kelurahan (Kelurahan Alak, Nunhila, Nunbaun Delha,Nunbaun sabu, namosain dan Kelurahan Pankase_Oeleta), dengan luas wilayah kerja sebesar 22,2 Km2. Puskesmas ini menyelenggarakan kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, dimana salah satu tahapan yang penting adalah proses penyimpanan, yaitu  suatu kegiatan untuk memelihara dan menyiapkan perbekalan farmasi yang diterima pada tempat yang dinilai aman. Penelitian  bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem penyimpanan Obat dan BMHP di Puskesmas Alak Kota Kupang. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan melakukan observasi atau pengamatan secara langsung terhadap sistem penyimpanan obat dan BMHP. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem penyimpanan obat dan BMHP di gudang obat Puskesmas Alak Kota Kupang memperoleh nilai presentase rata-rata 90,31% dan masuk dalam kategori baik, dengan indikator pengaturan tata ruang memiliki presentase 81,25%  masuk dalam kategori baik, cara penyimpanan obat dan BMHP dengan presentase 90% masuk dalam kategori baik, pencatatan kartu stok dengan presentase 90% masuk dalam kategori baik dan pengamatan mutu obat dan BMHP dengan presentase 100% sehingga masuk dalam kategori baik.

Article Details

How to Cite
Elisma, & MBunga, D. (2022). Sistem Penyimpanan Obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) di Puskesmas Alak Kota Kupang. FarmasiKoe, 5(2), 8–12. Retrieved from https://jurnal.poltekeskupang.ac.id/index.php/koe/article/view/1030
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Pengelolaan Obat, Bahan Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Farmasi di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian, 50 (2018).

Depkes, R. (2002). Daftar Tilik Jaminan Mutu (Quality Assurance) Pelayanan Kefarmasian di Pelayanan Kesehatan Dasar (Depkes (ed.)). Depkes.

Depkes, R. (2007). Pedoman Pengelolaan Obat dan Perbekalan Kesehatan Di Daerah Kepulauan.

Depkes, R. (2010). Pedoman pengelolaan obat dan program kesehatan di Puskesmas (R. Depkes (ed.)). Depkes.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Pefarmasian di puskesmas, 41 (2014).

Peraturan Menteri Kesehatan nomor 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, (2016).

Kesehatan, K. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Kementerian Kesehatan.