1. Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini merupakan jurnal akses terbuka (Open Access) dimana semua konten tersedia dapat diakses secara gratis tanpa dipungut biaya kepada pengguna atau/lembaga. Pengguna diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan artikel teks lengkap yang tersedia di jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Hal ini berdasarkan dengan Budapest Open Access Initiative.

 

2. Fokus dan Lingkup

Pada terbitan jurnal FarmasiKoe, kami mengundang mahasiswa, apoteker, praktisi, dosen dan peneliti di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan tulisannya di Jurnal FarmasiKoe Poltekkes Kemenkes Kupang berupa artikel original, review dan studi kasus dalam berbagai bidang : 

  • Farmasi klinik dan Komunitas
  • Farmakologi dan Toksikologi
  • Biologi Farmasi dan obat herbal
  • Farmasetika
  • Teknologi Farmasi
  • Biotechnology Mikrobiologi dan bioteknologi Farmasi
  • Biopharmaceutics Teknologi dan Biofarmasetika
  • Kimia Farmasi

 

3. Frekuensi Publikasi

FarmasiKoe diterbitkan dua kali setahun  pada bulan September dan Maret setiap tahun dan  terdiri dari 5-10 artikel setiap volume.

 

4. Informasi Jurnal

FarmasiKoe dengan nomor registrasi ISSN 2461-0216 merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh  Program Studi Farmasi, Poltekkes Kemenkes Kupang. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu Farmasi klinik dan Komunitas, Farmakologi dan Toksikologi,  Biologi Farmasi dan obat herbal, Farmasetika, Teknologi Farmasi,  Mikrobiologi dan bioteknologi Farmasi, serta Kimia Farmasi. Artikel yang diterbitkan berasal dari sivitas akademika internal dan eksternal Poltekkes Kemenkes Kupang. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Farmasi, Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia. 
 
FarmasiKoe  adalah terbitan berkala yang memuat artikel penelitian atau hasil penelitian yang setara dengan hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang kesehatan, asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. FarmasiKoe diharapkan dapat menjadi media penyampaian temuan dan inovasi ilmiah di bidang Kefarmasian. FarmasiKoe terbit 2 kali dalam setahun (September dan Maret). FarmasiKoe adalah jurnal peer-review dan jurnal akses terbuka yang berfokus pada ilmu Farmasi. Fokus ini mencakup bidang dan ruang lingkup yang terkait dengan aspek ilmu Farmasi klinik dan Komunitas, Farmakologi dan Toksikologi,  Biologi Farmasi dan obat herbal, Farmasetika, Teknologi Farmasi,  Mikrobiologi dan bioteknologi Farmasi, serta Kimia Farmasi. Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan diseleksi melalui proses Initial Review oleh Dewan Redaksi. Kemudian, artikel akan dikirim ke peer reviewer dan akan masuk ke seleksi selanjutnya melalui Proses Double-Blind Preview. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu satu bulan untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar Reviewer. Peer reviewer yang bekerjasama dengan FarmasiKoe adalah para pakar di bidang kesehatan dan isu-isu di sekitarnya.

Harap baca pedoman ini dengan cermat. Penulis yang ingin mengirimkan naskahnya ke redaksi FarmasiKoe harus mematuhi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka  akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan.