RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN

Kehamilan
Lingkup penelitian ini adalah segala bentuk penelitian yang membahas tentang berbagai masalah-masalah kehamilan, seperti perubahan-perubahan fisiologis atau psikologis yang terjadi selama kehamilan, dampak perubahan tersebut pada ibu atau keluarga serta masalah lain seperti adanya masalah perdarahan pervaginam, hipertensi gravidarum, nyeri perut bawah, nyeri kepala, gerakan janin tidak terasa, status gizi ibu hamil, dan lain-lain.

Persalinan
Lingkup ini membahas tentang berbagai masalah-masalah yang terjadi dalam proses persalinan, seperti cacat atau tidaknya proses persalinan ( kala I,II,III,IV ), dan tekhnik-tekhnik yang tepat dalam membantu proses persalinan.

Nifas (pasca persalinan)
Lingkup ini membahas berbagai masalah dalam nifas, seperti masalah proses laktasi dan menyusui, respons orang tua terhadap bayi baru lahir, perubahan fisiologi dan patologi setelah masa nifas, kebutuhan masa nifas, berbagai masalah yang sering terjadi seperti nyeri, infeksi, perawatan payudara, peribeum, senam nifas, dan lain-lain.

Patologi kebidanan
Lingkup ini membahas berbagai masalah patologi kebidanan seperti adanya penyakit pada masa kehamilan atau persalinan antara lain ibu hamil, dengan penyakit tuberkolosis paru, gagal ginjal, hipertensi, diabetes, asma, atau penyakit infeksi seperti sipilis, toksoplasmosis, hepatitis, atau penyulit lain seperti anemia kehamilan, hiperemesis abortus, molahidatidosa, preeklamsia, solusio plasenta, plesenta previa, letak lintang dan bendungan ASI.

Kebidanan komunitas
Lingkup ini membahas berbagai masalah kebidanan di komunitas, seperti kematian ibu dan bayi, kehamilan remaja, bayi berat lahir rendah, tingkat kesuburan, pertolongan persalinan, oleh nonkesehatann, perilaku social budaya yang berpengaruh pada masalah kebidanan, dan penyakit menular seksual.

Neonatus, bayi dan balita
Lingkup ini membahas tentang berbagai masalah pada neonatus, bayi dan anak balita antaranya adaptasi bayi batu lahir, adanya infeksi, rawat gabung, tumbuh kembang, serta masalah lain, seperti trauma lahir, dan berbagai penyakit pada bayi seperti bercak mongol, ikterik, diare, dan infeksi.

Keluarga berencana
Lingkup ini membahas masalah yang berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan keluarga berencana mulai dari efektivitas penggunaan KB, dampak, cara/ metode, konseling, dan lain-lain.

Kesehatan reproduksi
Lingkup ini membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, seperti infertilitas, penyakit menular seksual, gangguan haid, aborsi dan penyakit keganasan, kekerasan, pemerkosaan, pelecehan seksual,single parent, perkawinan usia muda, penyalahgunaan narkoba, pekerja seks komersial dan lain-lain.