Pengaruh Pemberian Tablet Besi dan Asupan Makanan Terhadap Kadar Hb Remaja Putri di SMAN 1 Kupang Barat Provinsi NTT

  • Yohanes Don Bosko Demu Demu Poltekkes Kupang

Abstract

Latar belakang Remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang ditandai sejumlah perubahan biologis, kognitif, dan emosional. Perubahan biologis yaitu pertambahan tinggi badan, perubahan hormonal, dan kematangan seksual. Pada masa ini sudah mulai terjadi menstruasi sehingga mengalami anemia gizi. Perlu diperhatikan mengkonsumsi makanan yang mengandung Fe yang banyak menghasilkan hemoglobin sehingga dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada remaja putri.

Tujuan penelitian Mengetahui Pengaruh Pemberian Tablet Besi dan Asupan Makanan Terhadap Kadar HB Remaja Putri di SMAN I Kupang Barat Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Metode, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Intervensi dengan rancangan Quasi Exsperimen.Responden penelitian ini adalah remaja putri SMAN I Kupang Barat kelas XI yang berjumlah 33 siswi.

Hasil semua responden setelah diberikan intervensi pemberian tablet tambah darah selama 30 hari serta dilakukan recall 3 x 24 jam mengalami defisit karbohidrat,protein,lemak dan fe karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi makro maupun mikro. Responden lebih mengkonsumsi jajanan yang dijual dikantin sekolah berupa nasi bungkus yang berisi nasi, tempe,ikan teri dan mie, batagor, cilok, donat coklat serta minuman kemasan dan makanan ringan seperti wafer.

Kesimpulan semua responden mengalami defisit asupan zat gizi. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya menu makanan yang disajikan setiap hari sehingga perlu perhatian oleh orang tua murid maupun dari pihak sekolah serta dinas terkait.  

Published
2020-09-30
Abstract viewed = 25 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 15 times